Senin, 21 April 2008

Install TrueCrypt di Debian

Voila! Akhirnya saya bisa melakukan instalasi truecrypt di Debian.

Berikut adalah langkah-langkah, seingat saya, yang saya lakukan ;-) Sila baca[1] untuk bisa lebih memahami pola pikir saya karena memang saya tidak sekali jadi langsung bisa. Namanya juga proses belajar.


  1. Pergi ke truecrypt.org Unduh paket ubuntu x86.deb

  2. Ekstrak paket tersebut dengan perintah
    $-xzvf truecrypt-5.1a-ubuntu-x86.tar.gz

  3. Masuk ke direktori
    $ cd truecrypt-5.1a

  4. Baca Readme sejenak
    $ vim Readme.txt

  5. Sebagai root, install truecrypt
    # dpkg -i truecrypt_5.1a-0_i386.deb
  6. Apabila ada error yang muncul seperti yang saya tanyakan di[1], sila coba langkah selanjutnya. Saya mengikuti saran Iin untuk melihat-lihat package.debian.org dan mencoba lenny. Jadi saya ubah /etc/apt/sources.list saya menjadi:
    # more /etc/apt/sources.list
    deb http://http.us.debian.org/debian lenny main contrib non-free

  7. Lakukan apt-get update
    # apt-get update

  8. Gunakan synaptic untuk mencari paket glibc

  9. Saya sempat melakukan apt-get install -f untuk melakukan instalasi paket-paket yang lumayan banyak karena tuntutan truecrypt. Sayang saya tidak sempat mencatat apa saja yang muncul di terminal ini

  10. Lalu saya panggil truecrypt
    $ truecrypt
    Voila! Screenshot-nya saya tampilkan di flickr saya.


Referensi
[1] Milis tanya-jawab

Tidak ada komentar: