Senin, 21 April 2008

Install Ulang WindowsXP

Saya barusan melakukan install ulang WindowsXP. Tapi tenang, tidak perlu takut Linux-nya hilang. Memang install ulang WindowsXP akan menghilangkan grub, namun bukan berarti Linux jadi hilang.

Bletz...bletz...bletz.... setelah sukses melakukan install ulang WindowsXP, masukkan live cd apapun untuk melakukan install ulang grub. Kala melakukan ini saya menggunakan Knoppix 3.8 CD ini kebetulan ada di meja saya.

Lalu lihat dimana partisi Linux. Gunakan perintah
# fdisk /dev/hda
lalu pilih print

Jika mount yang dilakukan oleh Live CD tidak memperbolehkan melakukan write maka harus dilakukan perubahan opsi izin write kala melakukan mount (saya lupa menemukan tautan soal ini dimana).

Sekarang saatnya install grub
# sudo grub-install -root-directory=(lupa) /dev/hda* (isi bintang sesuai partisi linux hasil fdisk).

Setelah sukses melakukan install grub saya kira masalah selesai. Ternyata ada perubahan nomor partisi pada harddisk saya. Dari tulisan soal grub.lst di tulisan sebelum ini, saya harus merubah root dari /dev/hda7 ke /dev/hda6 berikut lokasi kernel-nya dari /dev/hda8 jadi /dev/hda7.

Tidak ada komentar: