Selasa, 22 April 2008

Mengenal Forward dan Reverse DNS

Tulisan ini hanya tulisan singkat soal forward dan reverse DNS. Saya mau menunjukkan DNS forward dan reverse. Studi kasus, saya ingin memberi domain baru dari ip di jaringan saya. Saya lakukan update di server dns saya.

# vim /etc/bind/master/named.conf
voffice IN A xxx.xxx.24.80

Jangan lupa, tambahkan serial dan ganti tanggal sesuai tanggal anda melakukan perubahan. Lalu saya coba cek, apakah benar sudah diupdate.

Pertama saya cek dari angka ke kata-kata (reverse)
# host xxx.xxx.24.80
80.24.xxx.xxx.in-addr.arpa domain name pointer client-80.xxx.xxx.web.id.

Lalu saya cek dari kata-kata ke angka (forward)
# host voffice.xxx.xxx.web.id
voffice.xxx.xxx.ac.id has address xxx.xxx.24.80

Dari forward dns sudah update, namun dari reverse belum. Oleh karena itu saya kontak admin reverse dns untuk mengupdate record dns reverse.

Saya cek dari komputer lain
# host voffice.xxx.xxx.web.id
voffice.xxx.xxx.web.id has address xxx.xxx.24.80

Voila! Sekarang baik reverse dan forward dns sudah terupdate!

1 komentar:

::: Lathifah Arief ::: mengatakan...

Kyaaa... cuuraang. :( :( :(
Si 24.80 kan IP silencio-ku, Za.