Senin, 07 April 2008

Dari Pop ke IMAP

Hari ini aku kutak-katik mail server lagi. Aku berusaha beralih dari pop ke imap. Lumayan lama juga kutak-katiknya.

Aku belajar ada beberapa format mailbox. Sebelumnya aku analisa dulu, yang sudah ada apa saja di home directory ku.
* mail
ada file new dan saved messages
* Mail
kosong
* Maildir
direktori courierimapkeywords
file courierimapsubscribed
file imapuiddb
direktori cur
direktori new
direktori temp

Lalu di file konfigurasi postfix /etc/postfix/main.cf aku ubah di variabel
home_mailbox =" .... "
jadi
home_mailbox ="Maildir/"

Aku coba buka email dengan squirrelmail ternyata tak kunjung muncul juga. Aku kadang-kadang butuh akses webmail kala mengakses email dari luar ITB. Aku lihat email log ternyata masih dilakukan filter oleh procmail. Perlahan aku mulai meninggalkan pine nih ;-) Lalu .forward aku pindahkan saja menjadi forward. Semua .procmail dan .procmailrc juga aku pindahkan.

Sekarang sudah bisa akses email dengan squirrelmail. Filter juga jalan. Akses dari Thunderbird juga sudah bisa. Fyuh... lega juga.

Tidak ada komentar: