Rabu, 16 April 2008

Netselect

Berpindah-pindah lokasi akses Internet membuat saya harus mengetahui mirror mana yang paling baik untuk saya akses. Saya gunakan tools netselect.

Berikut adalah perintah netselect untuk mengetahui mirror debian mana yang paling baik saya akses dari tempat saya mengakses Internet. Perintah ini membandingkan 3 server yaitu: kambing.ui.edu komo.vlsm.org dan mirror.itb.ac.id Opsi -vv untuk memberikan informasi yang lebih detail.

# netselect -vv kambing.ui.edu komo.vlsm.org mirror.itb.ac.id
Running netselect to choose 1 out of 3 addresses.
..............
komo.vlsm.org 0 ms 5 hops 90% ok ( 9/10) [ 0]
kambing.ui.edu 9999 ms 30 hops 0% ok
mirror.itb.ac.id 1184 ms 14 hops 33% ok ( 2/ 6) [ 8527]
0 komo.vlsm.org

Terlihat hasilnya kan. Lantas saya coba jelaskan secara singkat. ... ms belum tahu. Hops menunjukkan berapa titik yang harus dilewati dari hingga ke server tujuan. Sudah ngerti konsep traceroute kan? Persentase belum tahu. Angka dalam kurung () belum tahu. Terakhir, angka dalam kurung kotak [] menunjukkan skor. Semakin rendah skor, semakin baik.

Tidak ada komentar: