Rabu, 31 Desember 2008

Grr Ganti Logo Mediawiki

Grr... akhirnya bisa juga. Setelah kutak-katik, akhirnya aku bisa juga ganti logo mediawiki. Sederhana harusnya. Cuma jadi rumit saat konsep path bercampur baur dengan konfigurasi dan direktori di sistem operasi

Berikut konfigurasi /etc/apache2/sites-available/wiki
# more /etc/apache2/sites-available/wiki

ServerAdmin za@design.paume.itb.ac.id
ServerName ***.****.itb.ac.id
DocumentRoot /var/lib/mediawiki

ErrorLog /var/log/apache2/error-wiki.log
LogLevel warn
CustomLog /var/log/apache2/access-wiki.log common

ServerSignature Off


Lalu petunjuk pencerahan saya dapat saat membaca cuplikan log
# vim /var/log/access-wiki.log
...
*** - - [24/Dec/2008:02:20:54 -0600] "GET /wiki/skins/monobook/bullet.gif HTTP/1.1" 304 -
*** - - [24/Dec/2008:02:20:54 -0600] "GET /wiki/skins/common/images/poweredby_mediawiki_88x31.png HTTP/1.1" 304 -
*** - - [24/Dec/2008:02:20:54 -0600] "GET /wiki/skins/monobook/user.gif HTTP/1.1" 304 -
...


Ternyata direktori /wiki masih diperlukan sebagai path untuk memanggil gambar. Logo baru yang ingin saya masukkan, saya salin ke (ini path sistem operasi) /var/lib/mediawiki/skins/common/images/logo.png

Lalu tambahkan baris berikut pada /etc/mediawiki/LocalSettings.php

...
$wgLogo = "/wiki/skins/common/images/logo.png"
...


Taraaa!!!!

1 komentar:

hendrikusharjo mengatakan...

saya udah coba beberapa kali termasuk panduan yang ada di Manual:FAQ/id, tapi logonya tetap tidak bisa muncul apa kira-kira masalahnya ya?