Selasa, 08 Januari 2008

Dari Pine ke Icedove

Saya jatuh cinta pada Pine, pada pandangan kali pertama. Apalagi ketika Pine mengenakan anting-anting procmail. Kehadiran Pine membuat, membuat hidup ku terasa lebih lengkap.

Hey, tulisan diatas hanyalah lelucon. Pine diatas bukanlah kekasih ku. Pine yang aku maksudkan adalah email client. Procmail yang aku maksud adalah fitur forwarding email ke folder terkait. Procmail sangat membantu ku dalam membaca email. Aku melanggan banyak (sekali) milis. Lebih dari 30? Dengan procmail aku bisa memutuskan email mana yang harus dibaca sesuai skala prioritas.

Kesulitan-kesulitan yang aku hadapi dalam mengakses email dengan Pine adalah, pertama bila diakses dari luar kampus lambat. Harus melakukan koneksi VPN dulu lagi. Padahal aku belum bisa melakukan koneksi VPN dari Linux. Kedua adalah apabila aku harus membuka/mengirim attachment. Rumit dan tidak sederhana. Harus upload/download dengan scp/ftp dulu.

Sekarang aku coba beralih ke Icedove pop/imap email client.

Tadinya aku mau menonaktifkan semua konfigurasi procmail. Setelah aku nonaktifkan ternyata email yang masuk malah tidak bisa aku pop. Jadilah aku aktifkan kembali procmail namun tidak aku aktifkan filter procmailnya.

Ini adalah beberapa file konfigurasi procmail. File .forward
$ more .forward 
"|IFS=' ' && exec /usr/bin/procmail -f- || exit 75 #za"


File .procmailrc
VERBOSE=off
SHELL=/bin/bash
MAILDIR=$HOME/mail
PMDIR=$HOME/.procmail
LOGFILE=$PMDIR/log
INCLUDERC=$PMDIR/rc.maillists

Pada saat aku mengakses menggunakan pop, baris setelah MAILDIR, aku hapus.

Lalu folder procmailrc yang berisi aturan filter dan log, aku pindahkan menjadi procmail.dir.unused
 mv procmail procmail.dir.unused


Isi direktori procmail adalah seperti ini. Berikut untuk cuplikan log-nya:
From sentto-7613154-28087-1199767404-za=design.paume.itb.ac.id@returns.groups.yahoo.com  Tue Jan  8 11:43:35 2008
Subject: [IA-ITB] (Dukung J5000!) Bandung BERMARTABAT (dulu BERHIBER yah?)
Folder: IA-ITB 18

Yang menunjukkan catatan filter milis IA-ITB dengan procmail masuk kek folder IA-ITB.

Lalu ini cuplikan file konfigurasi filter procmail:
:0:
* ^TOcivitas@ee.itb.ac.id
civitas

Yang artinya, email yang dikirim (TO) ke civitas@ee.itb.ac.id akan masuk ke folder civitas.

Setelah email berhasil dengan sukses di pop, melakukan filter di icedove lebih mudah. Aku tak akan menuliskannya sekarang.

Masalah selanjutnya yang aku hadapi adalah tidak bisa mengirim. "Relay access denied", begitu kata cuplikan log-nya. Aku menggunakan smtp server yang sama. Baca di[1], aku dapat pencerahan.

Berikut adalah log kesalahan di /var/log/mail.log
Jan  7 14:00:47 design postfix/smtpd[1345]: NOQUEUE: reject: RCPT from design-88.paume.ITB.ac.id[167.205.24.88]: 554 5.7.1 : Relay access denied; from= to= proto=ESMTP helo=<[167.205.24.88]> 


Lalu, aku merubah file konfigurasi postfix, dilanjutkan dengan melakukan restart postfix
# vi /etc/postfix/main.cf
#mynetworks = 127.0.0.0/8
mynetworks = 167.205.24.0/24
# /etc/init.d/postfix restart


File konfigurasi postfix maksudnya, memberikan akses ke IP yang berada diantara range 167.205.0.0/24 untuk mengakses SMTP. File mynetworks default, diberikan komentar (tanda #).

Referensi
[1] Postfix Manual

Tidak ada komentar: